1. PETUNJUK TEKNIS PENULISAN PROPOSAL BISNIS
A.PROPOSAL BISNIS
Ketentuan Umum:
- Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas berukuran A4 dengan font Times New Roman 12.
- Jarak pengetikkan 4 cm dari samping kiri 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas dan 3 cm dari batas bawah.
- Daftar isi ditulis menggunakan halaman i, ii, iv, dan seterusnya diletakkan di sebelah kanan bawah, sedangkan halaman utama/isi proposal ditulis menggunakan angka latin 1, 2, 3, dan seterusnya diletakkan di kanan atas
- Pengetikan kalimat: alinea mengikuti aturan bahasa Indonesia dalam ejaan yang disempurnakan.
- Naskah proposal bisnis ditulis minimal 15 halaman (tidak termasuk halaman judul, kata pengantar, daftar isi dan daftar table) jumlah halaman yang tidak disesuaikan dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
- Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, jelas satu kesatuan mengutamakan istilah yang mudah di mengerti tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, sbb, dll.
Ketentuan Khusus:
SISTEMATIKA PENULIASAN PROPOSAL BISNIS
BAGIAN AWAL
- Halaman Judul (Nama Usaha/Perusahaan, Logo Usaha, Nama semua anggota tim)
- Daftar Isi dan daftar lainnya (jika ada seperti daftar gambar, daftar table, dan daftar lampiran)
RINGKASAN EKSEKUTIF
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG USAHA
- Profil pemilik
- Profil usaha
RENCANA USAHA
- Logo
- Visi & Misi
- Produk
- Struktur Organisasi
RENCANA OPERASIONAL
- Lokasi usaha
- Perlengkapan dan Peralatan
RENCANA PEMASARAAN
- Masalah
- Penyelesaian
ANALISIS STRATEGI PESAING
- Analisis SWOT
- Analisis Pesaing
STRATEGI PEMASARAN
- Sasaran pasar
- Aktivitas pemasaran (Product, Price, Place, Promotion)
LAMPIRAN
- Business Model Canvas
- Proyeksi penjualan tahunan
Proyeksi Keuangan (berisi penjelasan singkat dari proyeksi modal yang dibutuhkan., perkiraan harga jual produk, proyeksi penjualan tahunan, dan laba yang ditargetkan)
2. KRITERIA PENILIAN
B. PROPOSAL BISNIS
1.Tujuan Mulia (Noble Purpose)
Kriteria ini menilai tujuan mulia dari didirikannya suatu usaha yang tidak hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan namun juga memberikan dampak bagi lingkungan.
2.Permasalahan dan solusi (Problems and Solution)
Kriteria ini menilai uraian tentang permasalahan yang dihadapi oleh pengguna dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah serta value proposition dari solusi tersebut.
3.Pemasaran
Kriteria ini menilai strategi pemasaran usaha yang mencakup saluran distribusi, promosi, dan hubungan pelanggan.Kriteria ini juga tentang analisis pasar terhadap permasalahan yang dihadapi, dengan menggunakan pendekatan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) serta penggunaan data pendukung dan referensi untuk memperkuat hasil analisis.
4.Keuangan
Kriteria ini menilai kemampuan pengelolaan keuangan usaha yang dilihat dari laporan laba rugi dan arus kas usaha. Pada usaha tahap awal yang dinilai adalah proyeksi laporan laba rugi dan arus kas.