Pengumuman

 

INTERNATIONAL BUSSINES PLAN COMPETITION

        1.1. PERSYARATAN PESERTA

Kriteria dan persyaratan International Bussines Plan Competition dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pendaftaran via website
  2. Biaya Pendaftaran Per Produk senilai 150.000,-
  3. Peserta terdaftar sebagai mahasiswa aktif, dibuktikan dengan scan/foto Kartu tanda Mahasiswa (KTM).
  4. Peserta Lomba Proposal Bisnis dapat bersifat perorangan (individu) ataupun kelompok. Jika peserta bersifat kelompok maka Tim peserta terdiri dari minimal 2 (dua) orang maksimal 5 (lima) orang
  5. Setiap peserta hanya diperbolehkan memasukkan satu Proposal Bisnis.
  6. Terbuka untuk usaha yang sudah berjalan maupun yang sedang dalam perencanaan.

 

      1.2. WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan kegiatan sebagai berikut:

No Uraian Kegiatan Jadwal
1. Pengumuman 05 s/d 10 Desember 2023
2. Penerimaan Pendaftaran 10 s/d 26 Desember 2023
3. Penilaian 27 s/d 31 Desember 2023
4. Pengumuman Pemenang (Zoom) 05 Januari 2024
5. Penyerahan Medali (Simbolis) 07 Januari 2024

 

      1.3. PETUNJUK TEKNIS PENULISAN PROPOSAL BISNIS

     A. PROPOSAL BISNIS

Ketentuan Umum:

  1. Naskah diketik dengan spasi 1,5 pada kertas berukuran A4 dengan font Times New Roman 12.
  2. Jarak pengetikkan 4 cm dari samping kiri 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas dan 3 cm dari batas bawah.
  3. Daftar isi ditulis menggunakan halaman i, ii, iv, dan seterusnya diletakkan di sebelah kanan bawah, sedangkan halaman utama/isi proposal ditulis menggunakan angka latin 1, 2, 3, dan seterusnya diletakkan di kanan atas
  4. Pengetikan kalimat: alinea mengikuti aturan bahasa Indonesia dalam ejaan yang disempurnakan.
  5. Naskah proposal bisnis ditulis minimal 15 halaman (tidak termasuk halaman judul, kata pengantar, daftar isi dan daftar table) jumlah halaman yang tidak disesuaikan dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
  6. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, jelas satu kesatuan mengutamakan istilah yang mudah di mengerti tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, sbb, dll.

 

Ketentuan Khusus:

SISTEMATIKA PENULIASAN PROPOSAL BISNIS

BAGIAN AWAL

a. Halaman Judul (Nama Usaha/Perusahaan, Logo Usaha, Nama semua anggota tim)

b. Daftar Isi dan daftar lainnya (jika ada seperti daftar gambar, daftar table, dan daftar lampiran)

RINGKASAN EKSEKUTIF

PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG USAHA

a. Profil pemilik

b. Profil usaha

RENCANA USAHA

a. Logo

b. Visi & Misi

c. Produk

d. Struktur Organisasi

RENCANA OPERASIONAL

a. Lokasi usaha

b. Perlengkapan dan Peralatan

RENCANA PEMASARAAN

a. Masalah

b. Penyelesaian

ANALISIS STRATEGI PESAING

a. Analisis SWOT

b. Analisis Pesaing

STRATEGI PEMASARAN

a. Sasaran pasar

b. Aktivitas pemasaran (Product, Price, Place, Promotion)

LAMPIRAN

a. Business Model Canvas

b. Proyeksi penjualan tahunan

Proyeksi Keuangan  (berisi penjelasan singkat dari proyeksi modal yang dibutuhkan., perkiraan harga jual produk, proyeksi penjualan tahunan, dan laba yang ditargetkan)

 

      B. PRODUK KREATIF (VIDEO)

  1. Mengupload iklan produk dengan durasi maksimal 5 menit
  2. Format .mp4
  3. Resolusi minimal 1280×720 pixel;dan
  4. Video tidak mengandung SARA dan tidak melanggar hukum/aturan yang berlaku.
  5. Video yang dikirimkan merupakan karya asli pribadi/kelompok dan peserta wajib bertanggung jawab penuh terhadap karya yang dikirimkan

 

      1.4. KRITERIA PENILIAN

         A. PROPOSAL BISNIS

1. Tujuan Mulia (Noble Purpose)

Kriteria ini menilai tujuan mulia dari didirikannya suatu usaha yang tidak hanya fokus untuk mendapatkan    keuntungan namun juga memberikan dampak bagi lingkungan.

2. Permasalahan dan solusi (Problems and Solution)

Kriteria ini menilai uraian tentang permasalahan yang dihadapi oleh pengguna dan solusi yang ditawarkan        untuk mengatasi masalah serta value proposition dari solusi tersebut.

3. Pemasaran

Kriteria ini menilai strategi pemasaran usaha yang mencakup saluran distribusi, promosi, dan hubungan            pelanggan.Kriteria ini juga tentang analisis pasar terhadap permasalahan yang dihadapi, dengan menggunakan pendekatan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) serta penggunaan data pendukung dan referensi untuk memperkuat hasil analisis.

4. Keuangan

Kriteria ini menilai kemampuan pengelolaan keuangan usaha yang dilihat dari laporan laba rugi dan arus kas usaha. Pada usaha tahap awal yang dinilai adalah proyeksi laporan laba rugi dan arus kas.

 

         B. PRODUK KREATIF (VIDEO)

  1. Keunikan dan inovasi produk yang memiliki daya saing (unique selling point), penggunaan bahan lokal, serta kemampuan produk dalam menyelesaikan masalah dan kebutuhan konsumen.
  2. Pengetahuan dan kemampuan peserta akan perencanaan pemasaran dan kemampuan mengelola periklanan digital dan menjual secara live dan berbagai aspek pendukung lainnya
  3. Kesesuaian video iklan dengan konsep produk yang ditawarkan
  4. Pemanfaatan Sosial Media
  5. Kreativitas